Pages

Subscribe:

About

games dunia

Rabu, 14 Maret 2012

SEJARAH GAME X-MEN

MY HOTGAME - GAME STORY
SEJARAH GAME X-MEN
Dibaca 269 kali | PENULIS : nasgor | Saturday, 18 February 2012 - 08:54 pm

Capek ngikutin strategi? Capek baca walkthrough ato capek main game? Boleh dong baca-baca sekilas sejarah game X-Men ini. Lumayan menariklah.
Paling nggak kalian bisa tahu nih bahwa ternyata ada game yang punya catatan cukup panjang. Dan yang "aneh"nya si pembuat nggak ada matinya. Dari laku, terus jeblok di pasaran, terus laku lagi dan kemudian hancur lagi, tetep aja nih X-Men nggak hilang dari peredaran.
Moga aja ini bisa jadi masukan, en ada hikmah yang bisa diambil )...kalau dalam hidup ini jangan mudah menyerah. Iya...kan? Kaaannnnn......
Sekarang ambil kacang goreng, air dingin atau soft drink, sambil baca cerita ini. Ah....
 
DARI KOMIK
Semuanya dimulai dari pertemanan. Itulah kalo berteman memang mesti cari yang punya pengaruh positif sama kita. Kalo nggak malah bikin susah deh! Soal-nya....udah...udah jadi ngelantur! Stan Lee dan Jack Kirby, dua orang yang kreatif ini membuat komik X-Men tahun 1960. Tapi usaha pertama emang nggak selalu harus berhasil. Sampai edisi ke-delapan belum berhasil merebut hati pembaca komik. Mereka berdua akhirnya menghentikan membuat komik dan hanya membuat cerita-ceritanya aja. Sampai era 70-an X-Men terbit lagi. Inipun belum terlalu berhasil juga untuk ukuran sebuah komik. Baru ketika banyak lagi orang yang ikut menulis cerita untuk X-Men, seperti Chris Claremont, baru pada tahun 80-an, X-Men meledak.

Masa-masa susah itu, karakter X-Men desainnya nggak seperti sekarang. Tahun 90-an, X-Men didesain kembali. Biar keren, coy! Edisi pertamanya aja setelah didisain ulang laku sekitar 8 juta copy. Akhirnya setelah 30 tahun, barulah X-Men memberi masukan uang yang cukup berarti untuk Marvel. Melihat fenomena ini, Marvel langsung deh O-De alias otak dagang-nya jalan. X-Men langsung ada di mana-mana ya di T-shirt, di game, poster dan te-ve juga lah. Cyclop, Beast, Iceman, Storm, Gambit dkk jadi tokoh-tokoh idola. Sayang, semua ini tidak didukung dengan jalan cerita yang menarik. X-Men langsung kelihatan membosankan!

Marvel cukup jeli menangkap kebosanan ini. Mereka mengeluarkan sejumlah judul dengan rangkaian cerita seperti ini : Profesor X, dibunuh oleh anak laki-lakinya sendiri. Legion, si anak itu kembali dari masa lampau dan mengincar Magneto sebagai korban berikutnya. Tim X-Men jadi terpecah, Psylocke hilang secara misterius, Rogue dan Magneto saling jatuh cinta dan punya seorang anak. Dan beberapa kejadian aneh lain yang nggak bakalan terjadi di dunia X-Men malah terjadi juga. Alur cerita yang diberi judul The Age of Apocalypse dianggap sebagai cerita yang paling menarik dari semua cerita X-Men.

Boomm! Itu yang terjadi dengan X-Men setelah itu. Diterjemahkan dalam 22 bahasa di 75 negara serta laku lebih dari 400 juta eksemplar.

Gitulah! Keberhasilan memang baru dicapai setelah gagal berkali-kali. Untuk X-Men bahkan 30 tahun!!! Nyok, kita simak tentang game-nya sekarang! Nyoook...

1. MASA AWAL GAME X-MEN
Judul : X-Men
Sistem : NES (Nintendo Entertainment System)
Pengembang : LJN
Penerbit : LJN
Rilis : 1988

Mungkin gamer tidak terlalu memperhatikan kalau game X-Men sudah lama beredar. Kalau kamu inget Nintendo jaman dulu, nah...itulah X-Men pertama kali diterbitkan. Ada 6 karakter : Cy-clops, Wolverine, Storm, Colossus, Iceman dan Nightcrawler. Kamu bisa menciptakan satu tim yang terdiri dari 2 karakter. Salah satu karakter dikontrol oleh komputer yang akan tewas setelah kena hantaman berkali-kali dan semburan energi. Jika karakter pertamamu mati, kamu kemudian akan mengkontrol partnermu. Kalau dua-duanya mati, kamu harus cepat menciptakan tim lagi dari 4 tokoh X-Men yang tersisa.

Mau kita bilang apa ya game yang pertama ini?
Soalnya kalau dibilang jelek banget, nggak enak hatilah! Gamer pada saat itu sama sekali nggak ngelirik.

Judul : X-Men: Madness in MurderworldSistem : Commodore 64
Pengembang : Paragon
Rilis : 1989

Nggak banyak data yang tersedia tentang game versi ini. Karena ya itu kalau nggak bagus ya nggak terlalu berkesan. Jadi orang juga nggak terlalu mikirin. Game ini tenggelam di tengah keramaian game Area 51, yang pada waktu itu ketenarannya sama dengan Final Fantasy seperti sekarang ini.

Tokoh yang paling berperan adalah Cyclops. Ia punya nyawa yang bisa terlihat di X-meternya. X-meter ini bisa terlihat seberapa sering ia boleh mempergunakan serangan Optic Blast-nya.

Cuma segitu aja yang bisa kita dapat. Kelihatannya Paragon, yang membeli lisensinya dari Marvel nggak serius nih menggarap X-Men.

Judul : WolverineSistem : NES
Pengembang :
Sofware Creations
Penerbit : LJN
Rilis : 1991

Wolverine adalah salah satu game yang juga ikut terkubur di padang pasir New Mexico. Kalau kalian baca lagi sejarah console game di HotGame edisi No.4, pasti tahu kalau game-game yang nggak laku termasuk console-nya dibuang di padang pasir New Mexico.

Wolverine, seperti judulnya memang menjadi karakter sentral. Ia banyak mempergunakan jurus cakarnya. Dan ini bukannya membantu malah ngerepotin dan seringkali nyaris membuat ia terbunuh.

Lagi-lagi harus nggak enak nih kalau kita bilang game ini jelek banget.
PAGE : 1

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Free Dragon Cursors at www.totallyfreecursors.com